Breaking News

Workshop Peningkatan Kompetensi Kepala SMK se-Sumatra Barat

pangeran cityKepala Sekolah memiliki peranan yang besar terhadap kualitas pendidikan suatu sekolah. Peran dan pengaruh kepala sekolah mampu mempengaruhi guru-guru dalam sekolah tersebut. Ketika Kepala sekolah bisa berbuat arif dan bijaksana serta visioner dalam memimpin sekolah maka guru dan tenaga kependidikan menjadi naik kinerjanya sehingga sekolah dapat menjadi maju dan siswa-siswinya menjadi berprestasi.

Dalam Permendiknas nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Kepala Sekolah bersama wakil kepala sekolah diharapkan dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengelolaan sekolah, seperti:

  1. Menyusun perencanaan Program yang meliputi penyusunan Visi, misi, tujuan dan rencana kerja sekolah
  2. Membuat rencana kerja yang meliputi pembuatan pedoman sekolah, struktur organisasi sekolah, pelaksanaan kegiatan sekolah yaitu bidang kesiswaan, kurikulum dan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, keuangan da pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah dan kemitraan sekolah.
  3. Melaksanakan pengawasan dan evaluasi yang meliputi program pengawasan, evaluasi diri, evaluasi dan pengembangan KTSP, evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, akreditasi sekolah.
  4. Melaksanakan kepemimpinan sekolah dan peningkatan peran Sistem Informasi Manajemen pengelolaan sekolah

Untuk itu kepala sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan terutama berkaitan dengan upaya pengembangan sekolah. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah.madrasah, dimensi kompetensi yang harus dimiliki kepala sekolah dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Agar tugas pokok kepala sekolah dapat dijalankan dengan baik, maka kompetensi kepala sekolah harus senantiasa ditingkatkan.

Berdasarkan uraian diatas maka Dinas Pendidikan Provisnsi Sumatera Barat melalui DPA-SKPD APBD Provinsi SUmatra Barat Tahun Aggaran 2017 melaksanakan kegiatan berupa Workshop Peningkatan kompetensi  kepala SMK dalam rangkamewujudkan peningkatan kualitas manajemen sekolah. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 28 hingga 31 Maret 2017 bertempat di Pangeran city Hotel.

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Agar kepala sekolah dapat menyusun perencanaan dan mengembangkan sekolah sesuai dengan kebutuhan serta memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah, sehingga dapat menerapkan kepemimpinan sekolah yang efektif
  2. Agar kepala sekolah dapat mengelola perubahan dan pengembangan, guru dan staf, peserta didik, kurikulum, sarana dan prasarana, keuangan, ketatausahaan, hubungan sekolah dan masyarakat, unit layanan khusus, sistem informasi sekolah serta melakukan monitoriung, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program
  3. Agar kepala sekolah dapat menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, motivasi yang kuat untuk sukses dan pantang menyerah dalam mencari solusi terbaik dalam menghadapi masalah serta memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah sebagai sumber belajar peserta didik
  4. Agar kepala sekolah dapat merencanakan dan melaksanakan suoervisi akademik serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru  dalam rangka profesionalisme guru
  5. Agar kepala sekolah dapat memelihara iklim belajar yang berpusat pada peserta didik.

Hasil yang diharapkan pada program kegiatan peningkatan kompetensi kepala SMK melalui dana bantuan APBD Provinsi Sumatra Barat adalah:

  1. Meningkatkan dimensi kompetensi Manajerial Kepala Sekolah SMK
  2. Meningkatkan dimensi kompetensi kewirausahaan Kepala Sekolah SMK
  3. Meningkatkan dimensi kompetensi kepala sekolah SMK

Materi dapat di download DISINI

 

 

Sumber: PAnduan Pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMK Se Sumatra Barat tahun 2017